Workshop KTSP (Kurikulum 13) & KOSP (Kurikulum Merdeka)

 

SMP Negeri 1 Tangen melaksanakan Workshop Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan /  KTSP (Kurikulum 13) dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan / KOSP (Kurikulum Merdeka), kegiatan rutin ini diadakan setiap awal tahun pelajaran. Workshop ini dikemas sebagai diskusi atau kerja praktik tentang topik kurikulum pembelajaran di mana kepala sekolah dan semua guru bertukar pikiran, berbagi pengetahuan atau pengalaman secara menyenangkan.

Acara workshop  penyusunan kurikulum dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen Bapak Prihantomo, S.Pd, M.Pd berlangsung mulai Senin, 4 s/d 7 Juli 2022 jam 08.00 – 15.00. Kegiatan ini berisi penyusunan KTSP bagi kelas 9 dan KOSP kurikulum merdeka untuk kelas 7 & 8. Selain itu pembuatan RPP untuk kelas 9 dan menyusun Modul Ajar untuk kelas 7 & 8 kurikulum merdeka.

Kurikulum operasional di satuan pendidikan / KOSP memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Tangen, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

Komponen dalam  kurikulum operasional  ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan  satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan, yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. zahra berkata:

    its good

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *