Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SMP

Hi and welcome to Media Bahasa Inggris. Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana sih cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP? Apakah kamu sudah memiliki metode belajar yang tepat? Jika kamu merasa tak ada perkembangan dalam kemampuan bahasa Inggrismu, mungkin kamu perlu membaca artikel ini sampai habis.

Diharapkan setelah membaca artikel ini, kamu bisa menemukan metode belajar bahasa Inggris yang tepat sehingga kemampuan bahasa Inggris mu dapat berkembang. Semua metode ini bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun.

Apakah Benar Belajar Bahasa Inggris Itu Sulit?

Penulis rasa belajar bahasa Inggris untuk anak SMP itu gampang-gampang susah. Mengapa penulis bisa mengatakan demikian? Belajar bahasa Inggris akan terasa mudah jika kamu memiliki dasar atau bekal yang cukup ketika duduk di bangku sekolah dasar.

Sehingga ketika kamu masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, maka kamu akan merasa bahwa belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, jika kamu baru belajar bahasa Inggris saat SMP, tentu saja akan terasa cukup berat karena tidak memiliki basic bahasa Inggris yang cukup.

Tapi jangan pesimis dulu ya, masih ada banyak cara agar bisa mengejar ketertinggalanmu kok. Penulis sudah menyiapkan tips dan cara belajar bahasa Inggris untuk kamu anak SMP agar lebih efektif.

Ubah Bahasa di Smartphone Menjadi Bahasa Inggris

Smartphone, bukan kah gadget ini selalu ada di sisimu? Kamu bisa memulai hal kecil dengan mengubah bahasa di smartphone menjadi bahasa Inggris. Hal tersebut sangat membantu menambah kosakata baru.

Mungkin terasa sulit jika kamu pertama kali melakukannya. Tapi ketika sudah terbiasa, penulis yakin kamu akan merasa nyaman dengan hal tersebut. Ini merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan sekarang juga.

Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Tips kedua cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP adalah atur waktu untuk belajar dirumah. Ketika kamu hanya mengandalkan belajar bahasa Inggris di sekolah saja, mungkin butuh waktu bertahun-tahun lamanya sehingga kamu bisa memahami bahasa Inggris.

Jika kamu hanya mengandalkan seminggu dua kali mempelajari bahasa inggris di sekolah, tentu tidak akan cukup. Kamu perlu memperbanyak waktu belajar bahasa Inggrismu salah satunya saat berada di rumah.

Cobalah untuk mereview atau membaca kembali apa yang sudah di pelajari di sekolah hingga kamu paham.

Diskusi dengan Guru Bahasa Inggrismu

Jika kamu merasa tidak memahami materi yang guru kamu ajarkan, jangan sungkan untuk bertanya ya. Kamu bisa menanyakan hal terkait dan mencari solusi darinya. Kamu hanya perlu jujur kepada mereka.

Penulis yakin bahwa guru mu akan membantu dengan senang hati. Karena biasanya, seorang guru akan merasa bahagia jika muridnya memiliki antusias dan aktif bertanya mengenai materi yang di ajarkan.

Tanyakan juga tips atau cara belajar yang bisa kamu pelajari dari mereka. Mulai dari apa yang harus kamu pelajari, bagaimana agar bisa memahami materi tersebut dan lain-lain.

Banyak Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam mempelajari sebuah bahasa. Ketika mempelajari bahasa Inggris, setidaknya ada 4 aspek yang harus kamu kuasai, mulai dari listening (mendengarkan), Reading (Membaca), Writing (menulis) dan Speaking (berbicara).

Mulailah membaca dari hal yang mudah. Cari tahu minat dan topik kesukaanmu sehingga kamu bisa termotivasi untuk membacanya. Misalnya kamu menyukai komputer, maka carilah topik-topik mengenai hal tersebut untuk kamu baca.

Mengapa harus mulai dari topik yang kamu sukai? Harapannya agar kamu tidak mudah cepat bosan ketika membaca tulisan-tulisan tersebut. Mulai sekarang, kamu harus mengetahui topik apa yang kamu sukai ya.

Kamu juga bisa membaca buku cerita untuk anak-anak loh. Kosakata yang ada di dalamnya terbilang cukup mudah untuk di pahami. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu apalagi jika kamu rajin melakukannya.

Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP selanjutnya adalah dengan cara belajar dan mencari kosakata bahasa Inggris sebanyak-banyaknya.

Tidak sulit kok untuk melakukannya, mulai saja dari barang-barang yang ada dirumah. Atau jika kamu merasa terlalu banyak, kamu bisa memperkecil hal tersebut menjadi lebih spesifik menjadi:

  • Kosakata barang yang ada di dapur.
  • Kosakata barang yang ada di Kamar.
  • Kosakata barang yang ada di Kamar mandi.
  • Kosakata barang yang ada di ruang tamu.

Selain itu, kamu juga bisa mencari kosakata mengenai:

  • Warna.
  • Binatang.
  • Transportasi.
  • Apapun yang sering kamu temukan di kehidupan sehari-hari.

Jangan lupa untuk menuliskan hal tersebut di dalam buku catatan atau pada aplikasi notes yang ada di smartphone mu. Pastikan juga kamu melafalkan kosakata-kosakata tadi agar melatih pronunciation (pengucapan) bahasa Inggrismu.

Selain itu, a good way untuk mempelajari bahasa Inggris yaitu dengan mempelajari persamaan kata, kalimat dan frasa. Misalnya seperti cara lain mengatakan I like it dalam bahasa Inggriscara lain mengatakan “tidak” atau menolak dalam bahasa Inggris dan lain-lain.

Kursus Bahasa Inggris

Kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris jika kamu mau. Kamu bisa memilih kursus bahasa inggris online maupun offline.

Jika orang tua mu memiliki dana lebih, maka penulis menyarankan untuk mengambil langkah ini.

Mendengarkan dan Menonton Konten Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP berikutnya adalah banyak mendengarkan dan menonton konten-konten bahasa Inggris.

Di era digital saat ini, banyak sekali influencer atau content creator yang membuat konten-konten berbahasa Inggris. Sisi positifnya, kamu bisa belajar bahasa Inggris hanya dengan menggunakan smartphone dan data internet.

Tapi, penulis menyarankan kamu untuk lebih banyak “mendengarkan” ketimbang dengan menonton. Mengapa demikian? Menurut penulis, hal ini lebih efektif karena fokus kita hanya tertuju pada satu arah saja tanpa harus membagi fokus tersebut antara menonton sambil mendengarkan.

Kamu bisa mencari konten bahasa Inggris melalui podcast seperti google podcast misalnya. Disana tersedia content creator yang menyajikan materi seputar belajar bahasa Inggris.

Selain itu, konten yang terdapat disana pun di sajikan secara menarik karena berdasarkan kehidupan sehari-hari. Sehingga kita bisa mempraktikannya.

Tapi jika kamu menyukai visual, maka youtube merupakan pilihan yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa mencari konten yang kamu sukai dan menontonnya dalam bahasa Inggris. Agar lebih mudah, penulis memiliki artikel mengenai cara meningkatkan skill listening bahasa Inggris. Silahkan di baca ya artikelnya.

Pelajari Grammar (Tata Bahasa) Dasar

Mempelajari basic grammar merupakan aspek yang penting apalagi kita sedang berbicara mengenai cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP. Karena di dalam pendidikan, aspek ini sangatlah penting untuk di pelajari.

Kamu bisa memulainya dengan menguasai materi part of speech atau kelas kata dalam bahasa Inggris.

Pahami satu persatu materinya seperti verb (kata kerja)adjective (kata sifat)noun (kata benda)pronouns (kata ganti benda) dan lain-lain.

Mulai pelajari materi yang kamu butuhkan dan menurutmu lebih mudah untuk di pahami. Jika kamu tidak mengerti, kamu bisa bertanya kepada guru mu atau berkomentar di bawah.

Banyak belajar dan Berlatih

Ini merupakan hal yang penting. Ingat, di dunia ini tidak ada yang instan. Kamu perlu berusaha dan mendedikasikan waktu kamu untuk belajar bahasa Inggris.

Bisa karena terbiasa dan perjuangan tidak akan menghianati hasil. Jadi, pastikan kamu menyempatkan waktu untuk belajar setiap hari ya.

Advice

Pada akhirnya, sampailah kita pada penutupan mengenai artikel cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP ini. Pertama-tama, kamu harus membangun motivasi dan tujuan kamu dalam belajar bahasa Inggris. Setelah itu, silahkan kamu praktikan satu-persatu poin di atas and don’t forget to learn English everyday!

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke rekan kalian agar sama-sama mengetahui bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk anak SMP. Thank you so much and bye!

https://www.mediabahasainggris.com/

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. M. Nansyah zulfikar berkata:

    Cara belajar bahasa inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *