Visi dan Misi

VISI

“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG LUHUR DALAM BUDI PEKERTI, UNGGUL DALAM PRESTASI, PEDULI, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”

Indikator untuk pencapaian visi tersebut adalah:

  1. Peserta didik memiliki keunggulan dalam bidang keagamaan;
  2. Peserta didik memiliki keunggulan dalam sikap, perilaku, dan akhlak;
  3. Peserta didik memiliki keunggulan dalam kedisiplinan dan tanggung jawab;
  4. Peserta didik memiliki keunggulan dalam keterampilan dan kesantunan dalam berbahasa;
  5. Peserta didik memiliki keunggulan dalam prestasi akademik;
  6. Peserta didik memiliki keunggulan dalam penguasaan keterampilan dan teknologi;
  7. Peserta didik memiliki keunggulan dalam percepatan digitalisasi sekolah,
  8. Peserta didik memiliki keunggulan dalam bidang keolahragaan;
  9. Peserta didik memiliki keunggulan dalam bidang seni budaya;
  10. Peserta didik memiliki keunggulan dalam kegiatan ekstrakurikuler;
  11. Peserta didik mampu menerapkan sikap toleransi untuk mewujudkan kerukunan, kebersamaan, dan kepekaan sosial;
  12. Peserta didik memiliki kepedulian yang tinggi untuk menjaga kondisi lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, rindang, rapi, indah, dan sehat;
  13. Peserta didik memiliki keunggulan dalam kegiatan pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan alam, dan pelestarian terhadap sumber daya alam;
  14. Peserta didik mampu bersinergi dengan masyarakat;

MISI

Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:

  1. Membiasakan peserta didik untuk selalu bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan norma susila, sosial, agama, dan hukum yang berlaku;
  2. Melakukan kegiatan untuk menumbuhkan sikap, perilaku, dan budi pekerti peserta didik yang dilandasi oleh penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut;
  3. Membiasakan peserta didik untuk selalu bersikap disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas dan kegiatan;
  4. Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan penerapan etika dan keterampilan berbahasa peserta didik;
  5. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan pembimbingan secara efektif dan terarah untuk mengoptimalkan potensi akademik yang dimiliki peserta didik;
  6. Menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan pelatihan dalam bidang keterampilan dan penguasaan teknologi untuk memberikan bekal kecakapan hidup peserta didik;
  7. Melaksanakan percepatan digitalisasi sekolah untuk peningkatan kegiatan pembelajaran,
  8. Menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan olahraga;
  9. Menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan kesenian dan kebudayaan;
  10. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik;
  11. Menyelenggarakan kegiatan sosial kemanusiaan untuk meningkatkan nilai kerukunan, kebersamaan, dan kepekaan sosial peserta didik terhadap lingkungan;
  12. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, nyaman, dan kondusif untuk kegiatan pembelajaran
  13. Melaksanakan kegiatan untuk mencegah pencemaran lingkungan, mengatasi perusakan alam, dan melestarikan sumber daya alam yang ada
  14. Menjalin kerja sama yang harmonis dan sinergis dengan masyarakat

TUJUAN

Mengacu pada visi dan misi SMP Negeri 1 Tangen serta tujuan pendidikan dasar sebagaimana yang dirumuskan dalam Sistem Pendidikan Nasional, yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, maka pendidikan di SMP Negeri 1 Tangen diarahkan untuk dapat mewujudkan:

  1. Terciptanya budaya sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan;
  2. Terbentuknya peserta didik yang memiliki sikap, perilaku, etika, dan budi pekerti yang luhur, serta memiliki keterampilan dan kesantunan berbahasa yang baik;
  3. Terbentuknya peserta didik yang unggul, kreatif, dan berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik dan mampu berkompetisi di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional;
  4. Terselenggaranya kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan di kelas dengan mengacu pada dimensi Profil Pelajar Pancasia;
  5. Terselenggaranya kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri yang terintegrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup dan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba)
  6. Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, indah, nyaman, tertib, berbudaya, berwawasan lingkungan, dan kondusif untuk kegiatan pembelajaran;
  7. Terselenggarakannya kegiatan untuk mencegah pencemaran lingkungan, mengatasi perusakan alam, dan melestarikan sumber daya alam yang ada
  8. Terwujudnya partisipasi dan kerjasama warga sekolah, masyarakat, dan lembaga lain dalam mewujudkan program sekolah;